Hasil Pertandingan Italia VS Inggris : Italia Sukses Menjuarai Euro 2020

Hasil Pertandingan Italia VS Inggris Italia Sukses Menjuarai Euro 2020

Timnas Italia sukses meraih gelar juara Euro 2020 setelah sukses menaklukan perlawan sengit timnas Inggris lewat adu penalti dengan skor 3-2. Pertandingan Final berlangsung di Stadion Wembley, London, Inggris. Rabu dinihari WIB (12/7).

Babak pertama baru dimulai, Inggris berhasil unggul cepat pada menit 2′ lewat gol yang dicetak Luke Shaw. Ia berhasil menerima umpan Kieran Trippier ke tiang jauh sisi kanan pertahanan Italia, lalu dengan tenang menendang keras bola dari kaki kiri ke sudut kanan posisi Donnarumma. Inggris sementara berhasil unggul.

Dikagetkan dengan gol cepat dari Shaw, membuat Italia berusaha membalas dan terus menekan pertahanan Inggris. Pada menit ke delapan, Italia mendapat kans mencetak gol melalui tendangan bebas sedikit di luar area kotak penalti Inggris. Namun bola eksekusi Insigne masih melambung di atas mistar gawang. Hingga wasit meniupkan peluit akhir babak pertama, usaha Italia untuk menyamakan kedudukan tak berbuah hasil. Inggris tetap unggul 1-0.

Babak kedua, Italia masih terus mengambil jalannya pertandingan. Peluang datang pada menit ke 57′ bola kiriman Federico Chiesa diblok Trippier. Ada Insigne yang mengambilnya, lantas dari jarak dekat mengirim tembakan. Namun sayangan tendangan masih dapat ditahan Jordan Pickford. Selanjutnya Italia terus mengurung Inggris, akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit 67′. Berawal dari bola liar hasil tendangan sudut, Leonardo Bonucci dengan sigap menyambar bola dan membuat skor berubah menjadi 1-1.

Sadar anak asuhannya terus digempur pelatih Inggris, Gareth Southgate akhirnya mengganti strategi dengan memasukan pemain yang bertipikal menyerang. Saka masuk menggantikan Trippier pada menit 70′ dan Henderson masuk menggantikan Rice 4 menit kemudian. Pergantian pemain membuat Inggris mendapat angin segar dengan berhasil sedikit keluar dari kurungan yang dilakukan Italia. Namun, hingga waktu normal 90 menit berakhir kedua tak lagi menambah gol. Pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Di babak perpanjangan waktu kedua tim permainan tim terbilang cukup seimbang dengan saling jual beli serangan, namun lagi-lagi tak ada peluang dari kedua tim yang berbuah menjadi gol. Pertandingan harus dilanjutkan ke babak adu penalti untuk mencari pemenang.

Pada babak adu penalti, Gli Azzurri mendapatkan kesempatan pertama dan mampu unggul. Kane yang menjadi eksekutor pertama bagi Inggris sukses menyamakan kedudukan 1-1.

Eksekutor kedua Italia, Andrea Belotti gagal mengecoh Pickford. Sementara itu, bek Manchester United, Harry Maguire mulus untuk membuat skor berbalik 1-2 untuk Inggris.

Leonardo Bonucci jadi eksekutor ketiga Italia. Masuk, meski nyaris ditepis Pickford. Marcus Rashford jadi eksekutor berikutnya bagi Inggris namun gagal karena bola membentur tiang kanan, skor 2-2.

Federico Bernardeschi penendang keempat Italia. Gol. Jadon Sancho menjadi eksekutor Inggris berikutnya. Ditepis Donnarumma. Italia sementara unggul 3-2.

Jorginho yang menjadi algojo terakhir bagi Italia, gagal karena berhasil ditepis Pickford. Lalu Saka yang menjadi algojo terakhir bagi Inggris juga gagal. Skor berakhir 3-2 untuk kemenangan Italia.

Atas hasil ini Italia sukses menjadi Juara Euro 2020. Selamat Gli Azzuri ! Football’s Coming Rome!