Hasil Pertandingan Italia VS Spanyol : Italia Berhasil Melaju Ke Final Setelah Menang Lewat Drama Adu Penalti

Hasil Pertandingan Italia VS Spanyol : Italia Berhasil Melaju Ke Final Setelah Menang Lewat Drama Adu Penalti

Timnas Italia sukses melaju ke babak final Euro 2020 usai berhasil menaklukan Spanyol lewat adu penalti pada fase semifinal di Wembley Stadium, London, Inggris. Rabu Dinihari WIB (7/7/21).

Laga sudah berjalan panas sejak awal babak pertama dimulai, kedua tim mencoba untuk berinisiatif keluar menyerang. Spanyol yang menggunakan strategi tanpa penyerang murni atau false nine lebih diuntungkan karena berhasil menguasai lini tengah permainan.

Alhasil, Permainan Italia tak bisa berkembang. Sepanjang babak pertama Gli Azzuri dipaksa bermain counter attack. Garis bertahan Spanyol yang jauh kedepan juga beberapa kali membuat pemain Italia terjebak offside, Italia sempat berhasil membuat peluang lewat Nicolo Barella tendangannya hanya membentur mistar gawang tapi ternyata Barrela terlebih dahulu dalam posisi offside.

Spanyol yang menguasai bola sepanjang babak pertama tak bisa membongkar rapatnya barisan pertahanan Italia, satu-satunya peluang emas Spanyol diciptakan dari Daniel Olmo. Sayang, tendangannya yang mengarah ke sudut kanan gawang Italia berhasil dimentahkan Donnaruma. Hingga peluit jeda babak pertama ditiupkan wasit, skor kacamata tetap bertahan.

Di babak kedua, tak banyak yang berubah dengan gaya permainan kedua tim. Spanyol tetap mendominasi dari segi penguasaan bola. Namun, beberapa peluang diciptakan kedua meski tak ada yang berbuah menjadi gol. Hingga akhirnya, Spanyol harus kecolongan terlebih dahulu lewat serangan balik yang dilakukan Italia.

Federicho Chiesa berhasil memanfaatkan bola liar yang terjadi, setelah para pemain belakang Spanyol gagal membuang bola karena tidak tenang. Chiesa dengan tenang menendang ke sudut kiri gawang yang dijaga Unai Simon, Italia berhasil unggul 1-0 pada menit ke-60 berkat gol yang dicetak Chiesa.

Tertinggal 1-0 membuat Spanyol lebih gencar melancarkan serangan, Pelatih Spanyol Luis Enrique akhirnya merubah strategi dengan memasukan Alvara Morata. Strategi tersebut berjalan sesuai harapan, Spanyol menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak Morata pada menit ke-80. Gol tersebut diawali dengan kerja sama apik Morata dan Olmo dalam membongkar lini pertahanan Italia. Hingga waktu normal 2x45menit berakhir tak ada gol lagi yang tercipta.

Pertandingan dilanjutkan dengan babak tambahan waktu, di babak tambahan waktu meski ada beberapa peluang dari kedua tim. Namun peluang tersebut tak ada yang membahayakan gawang masing-masing. Pertandingan terpaksa harus ditentunkan lewat adu penalti untuk mencari pemenang.

Pada babak adu penalti, Italia mendapat giliran menendang lebih dulu. Manuel Locatelli ditunjuk sebagai algojo pertama. Ia gagal menjalankan tugasnya karena tendangan berhasil di tepis Unai Simon. Begitu pun dengan Olmo yang menjadi algojo pertama Spanyol, tendangan jauh melebar keatas gawang.

Penendang ketiga Italia, Bonucci bisa mengecoh Simon. Hal serupa dilakukan Thiago Alcantara untuk Spanyol hingga skor imbang 2-2.

Sepakan keras ke arah kiri Federico Bernadeschi mengembalikan keunggulan Italia di babak adu penalti. Morata yang maju sebagai penendang keempat gagal menjalankan tugasnya.

Bola ke arah kiri bisa ditepis Donnarumma. Jorginho memastikan Italia ke final usai tembakannya mengecoh Simon. Italia menang adu penalti 4-2.

Dengan kemenangan ini Italia berhasil lolos ke Final EURO 2020, Italia harus menunggu lawan antara Inggris dan Denmark di partai puncak. Final akan berlangsung di Stadion Wembley, Inggris. 12 July 2021 mendatang.