Indonesia Kalah Telak Dari Vietnam, STY : Wasit Buat Irama Permainan Kami Berubah

Indonesia Kalah Telak Dari Vietnam, STY : Wasit Buat Irama Permainan Kami Berubah

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengkritik keras kepimpinan wasit pada laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia antara Timnas Indonesia VS Vietnam yang berlangsung di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirates Arab, Senin (7/6/21) tadi malam.

Pada pertandingan itu, Indonesia kembali harus menerima kekalahan dari The Golden Warriors dengan Skor telak 4-0. Skuad Garuda sebenarnya mampu menahan gempuran Vietnam hingga babak pertama usai.

Namun di awal babak kedua, petaka mulai datang. Nadeo Argawinata dipaksa memungut bola dari gawangnya sebanyak empat kali. Tim asuhan Park Hang-seo berhasil membuat Gol pertamanya yang diciptakan oleh Nguyen Tien Linh pada menit ke-51. Menyusul kemudian, gol yang dicetak oleh Nguyen Quang Hai (62), Nguyen Cong Phuong (67), dan Vu Van Thanh (74).

Menyikapi kekalahan ini, Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong bergeming bahwa gol pertama dari Vietnam cukup kontroversial. Pasalnya, bola terlebih dahulu mengenai tangan dari pemain Vietnam, sebelum akhir membobol gawang yang dijaga Nadeo Argawinata. Dikutip dari Goal STY berkomentar :

“Saya tidak menyangka hasil akhir akan seperti ini. Kami kalah, tapi bermain dengan 100 persen. Saya ucapkan selamat kepada Park Hang-seo dan tim Vietnam atas kemenangan mereka,”

“Sebelum pertandingan, saya memperkirakan kedua tim mempunyai peluang yang sama. Saya masih menyimpan keyakinan itu di awal babak kedua. Tapi selanjutnya irama permainan berubah drastis. Ketika menangani Korea Selatan di Piala Dunia, saya tak pernah melihat perubahan drastis seperti itu.”

“Gol pertama terjadi setelah kami gagal mengantisipasi umpan panjang. Tapi sebelum melakukan penyelesaian akhir, tangan penyerang Vietnam sempat menyentuh bola,”

“Beberapa menit kemudian, salah satu penyerang kami terjatuh ketika memperebutkan bola. Wasit berdiri di dekat kejadian, tapi tidak mengambil tindakan apapun. Wasit membuat Indonesia kehilangan ritme permainan, mengubah permainan yang tidak pernah kami inginkan.”

Atas hasil dari pertandingan ini, Indonesia semakin terbenam menjadi juru kunci grup. Sementara itu, Vietnam semakin kokoh di puncak klasemen grup dengan torehan rekor tidak terkalahkan sepanjang babak fase grup.