Toni Kroos Umumkan Pensiun Dari Timnas Jerman

Toni Kroos Umumkan Pensiun Dari Timnas Jerman

Gelandang Veteran milik Real Madrid, Toni Kroos baru-baru ini mengumumkan pensiun dari Timnas Jerman. Usai Timnas Jerman tersingkir dari turnamen EURO 2020 setelah takluk dari Inggris (29/06/21).

Itu artinya, Kekalahan Jerman atas Inggris di Wembley tersebut merupakan pertandingan terakhir bagi Toni Kroos bersama Die Mannschaft. Kini, Kroos mengaku hanya ingin berfokus pada karir di Real Madrid dan berbagi waktu bersama keluarga. Seperti yang dilansir Skysport, Ia juga mengatakan tidak akan tersedia untuk Piala dunia di Qatar tahun depan.

“Saya telah bermain 106 kali untuk Jerman. Tidak akan ada waktu lagi,” ujar Kroos.

“Saya sudah membuat keputusan untuk pensiun setelah turnamen ini untuk beberapa waktu,” tambahnya, mengacu pada kejuaraan Eropa.

“Sudah jelas bagi saya untuk sementara waktu bahwa saya tidak akan tersedia untuk Piala Dunia 2022 di Qatar.”

“Saya juga ingin berada di sana lebih sebagai suami dan ayah untuk istri dan anak-anak saya,” tutup Kroos.

Ia juga tak lupa berterima kasih kepada rekan tim dan pendukung. Khususnya kepada mantan pelatih Jerman, Joachim Loew yang memutuskan mengundurkan diri terlebih dahulu dari Timnas Jerman.

“Pada akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Jogi Low. Dia membuat saya seorang pemain tim nasional dan juara dunia. Dia percaya kepada saya. Kami mencatatkan sejarah untuk waktu panjang. Itu merupakan suatu kebanggaan bagi saya, dan semoga beruntung dan penuh kesuksesan kepada Hansi Flick.” Ujar Kroos.

Bersama Jerman, Toni Kroos memulai debutnya untuk tim nasional pada Maret 2010 dan telah mencatatkan 106 penampilan dengan koleksi 17 gol. Ia pun menjadi bagian saat Jerman berhasil menjuarai Piala Dunia 2014 silam.